Senin, 23 April 2012

Ken Dedes Sang Penggoda

MESKI menjadi korban penculikan Sang Penguasa Tumapel Tunggul Ametung, namun Ken Dedes tak larut dalam kedukaan dalam penjara jiwa yang membelenggunya di lingkungan Pakuwuan Tumapel yang gemerlapan. Dengan kegenitan yang dipadukan dengan sifat kelemah-lembutannya, putri Mpu Parwa itu dapat meluluhkan hati Ken Arok, bekas gembong perampok yang menjadi pengawal pribadi Sang Akuwu. Seiring dengan cemerlangnya karir Ken Arok yang meroket bak meteor hingga ia dinobatkan sebagai Panglima Tumapel, aksi godaan yang dilancarkan Ratu Dedes terhadap Sang Panglima semakin menjadi-jadi. Puncaknya adalah terjadinya persekongkolan atau persekutuan antara Ken Dedes dengan Ken Arok untuk menggulingkan kekuasaan yang diktator dan otoriter.

Padahal, pada saat yang bersamaan muncul beberapa faksi yang hendak merongrong kekuasaan Tumapel, yaitu kubu Mpu Gandring, Kebo Ijo dan Yang Suci Belakangka.

Berhasilkah usaha Ratu Dedes bersama Panglima Ken Arok, murid Dang Hyang Loh Gawe?

Bagaimana pula aksi Sang Panglima Ken Arok memainkan peranannya meredam kemelut gonjang-ganjing di lingkungan Pakuwuan Tumapel?

Tidak ada komentar: